Sabtu, 18 Mei 2013

Gowes Sepeda

بســـم الله الرّحـمن الرّحـيم    

Assalamualaikum wr. wb.

Sudah beberapa minggu ini saya mencoba olahraga sepeda setiap hari sabtu dan minggu.  Tujuannya awalnya sih untuk melangsingkan perut yang udah ga tau malu, habisnya...pake baju apa aja bagian itu aja yang eksis, yang lainnya keliatan ga imbang. So, bagian tubuh yang lain protes supaya si perut dikecilin ukurannya.

Sebelumnya saya mencoba cari sepeda yang pas...pas dikantong maksudnya hehehehe..... karena tujuan saya olahraga sepeda bukan untuk meraih juara olimpiade dunia, tapi cuma untuk having fun di weekend sambil nyari keringat.  Ini nih...penampakan sepedanya, sebenernya sih malu.... soalnya bukan sepeda yang bermerk dengan harga jutaan, hanya sepeda mini biasa.



Pengennya sih nanti bisa ikutan HBKB (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) gitu, jalan-jalan di Sudirman-Monas.  Tapi apa daya kekuatan badan belum nyampe, baru muter-muter komplek aja udah ngos-ngosan.  Karena bersepeda itu kan bawa badan sendiri dengan kekuatan sendiri.  Ya udah, terpaksa deh...latihan kekuatan dulu di daerah sekitar, nanti kalau udah kuat baru deh ke Monas.  Bapakku malah udah jalan-jalan sepedaan sampe ke HI....asli ngiri....

Ternyata olahraga sepeda itu banyak banget manfaatnya, selain sehat loh... Apa aja sih manfaatnya?  Nih manfaatnya :
  

1.  Belajar Kehidupan

Maksudnya??  Dalam bersepeda itu seperti kehidupan, "kita harus terus bergerak maju atau kita akan jatuh".  Ya kan? yaaa......!!!  Iya...kalo diem aja kapan nyampenya mpok???

2.  Belajar Tanggap

Dalam bersepeda kita dilatih untuk belajar mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam menghadapi berbagai rintangan trek jalur yang kita lalui.  Kalau kita dijalan yang sepi dan beraspal sih enak... tapi kalau kita dapat jalur yang ramai, banyak kendaraan, banyak orang, jalan menanjak, becek dan berlubang kita harus mengantisipasi dengan memperlambat atau mempercepat laju sepeda kita.

3.  Belajar Sabar

Kalau kita sedang di jalan besar kita pasti harus lebih minggir, karena kita harus memberikan ruang untuk kendaraan lain yang lebih besar dan cepat.  Kalau engga...bisa-bisa kita yang dimarahi pengendara lain.

4.  Belajar Menikmati Hidup

Kadang pada saat kita naik kendaraan lain misalnya motor atau mobil pasti yang kita perhatikan adalah jalannya, apakah lurus, belok kanan, atau belok kiri.  Kita jarang bahkan tidak pernah memperhatikan lingkungan sekelilingnya, karena yang kita inginkan adalah cepat sampai di tujuan.  Tapi dengan sepeda kita bisa memperhatikan apa yang ada disekitar kita.  Kita bisa lebih detil memperhatikan ada apa di sisi lain jalan yang kita lalui. So...enjoy your life... 

Itulah empat manfaat yang bisa saya ambil dari olahraga sepeda, tidak menutup kemungkinan sih olahraga yang lain lebih asyik.  Jadi tunggu apalagi, ayo kita olahraga.

Wassalam




Catatan :
Kejahatan berada dimana saja, bahkan pada saat bersepeda pun tak luput dari kejahatan, baik dari orang iseng atau pencuri.  Maka jangan gunakan pakaian sopan, tidak memakai perhiasan yang berlebihan, dan membawa banyak gadget. Dan jangan lupa membawa kunci untuk sepeda anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar